Tips Jadi Penulis Produktif

at July 17, 2018




Kamu ingin jadi penulis tapi galau karena merasa nggak bergerak? Niat udah ada, nulis udah sering tapi kok gitu-gitu aja ya? Tulisan rasanya garing, nggak bernyawa. Bikin yang mau baca juga males. Hiks. Tenang, Dears, banyak orang yang mengalami fase seperti kalian kok.

Saya punya beberapa tips yang mungkin bisa dicoba. Yuk, ikuti cerita saya di bawah ini.
1.  Rajin Membaca
Menulis itu sejatinya menuangkan ide yang ada di kepala. Artinya, kepala kita nggak boleh kosong. Ya iyalah, gimana mau dituangkan wong isinya aja nggak ada? Makanya, kita harus rajin membaca dan menyimpannya dalam otak. Semakin banyak yang kita baca, semakin luas wawasan dan pastinya tulisan kita makin bervariasi.

2. Catat Setiap Ide
Hal utama yang paling sering dikeluhkan penulis pemula adalah menemukan ide. Untuk memudahkan kita, tulislah semua ide yang mampir ke otak. Nanti tinggal dieksekusi kalau sudah ada waktu yang pas.

3. Temukan Gayamu
Banyak orang yang memiliki idola. Sayangnya, gaya tulisan mereka itu akhirnya terpengaruh oleh gaya sang idola. Sebaiknya, agar kita dikenal orang maka harus memiliki gaya yang unik dan menjadi ciri khas kita.

4. Jangan Ragu Belajar
Selain membaca, kita juga harus menimba ilmu dari orang lain. Bisa sahabat, teman, mentor, atau ikut dalam training dan workshop. Di sana selalu ada ilmu baru yang bisa kita aplikasikan.

5.  Yakin pada Diri Sendiri
Hal terpenting lainnya tentu saja kita harus PD alias yakin pada diri sendiri. Tanamkan dalam hati kalau kita bisa menulis. Dengan begitu kita pasti santai dan enjoy menuliskan banyak hal. Jangan lupa lakukan evaluasi secara berkala apa yang sudah dan belum kita capai dalam dunia kepenulisan. Kita harus punya target untuk 5 atau 10 tahun ke depan.


Untuk mendukung aktivitas menulis, saya juga punya target dan berusaha sedemikian rupa untuk menepatinya. Menulis setiap ide, langkah dan target apa yang saya inginkan, membantu saya berjalan pada rel yang benar. 

So, mau coba seperti saya?

#ODOA
#IndsriptCreative
#IndscriptWriting
#EmakSuperBoard



0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting