Teknik Membuat To-Do List yang Efektif untuk Emak Super Sibuk

at July 31, 2018


Hola!
Kita semua tentu pernah (atau sering) keteteran ya mengerjakan to-do list harian? Kalau saya sih iya, nggak tahu kalau Mas Anang #ehh hehe...

Well, sebenarnya to-do list itu dibuat untuk tujuan memudahkan kita menghandle tugas, kan ya? Nah kalau pada akhirnya hal itu justru menjadi beban karena nggak pernah tuntas dikerjakan, berarti ada yang salah dong. Lalu gimana sih caranya menulis to-do list yang tepat dan efektif? 

Berikut ini sontekannya ya, Readers!
1. Tulis 1 Tujuan Besar
Misalkan kita punya target menulis 1 sub bab buku esok hari.

2. Tentukan 3 Langkah Medium
Untuk mencapai 1 sub bab yang kita tetapkan di poin 1, kita harus melakukan 3 hal yakni, menentukan kerangka tulisan, menulis poin-poin penting yang akan disampaikan dan terakhir menuliskan isinya.

Lakukan 5 Hal Kecil untuk Mencapai 2 Target Sebelumnya
Nah, sekarang kita udah punya target besar dan medium ya. Terakhir kita harus melakukan 5 hal kecil yang akan menuntun kita mencapai kedua target sebelumnya. Misalnya kita harus:


  1. Mengumpulkan data
  2. Mencari nara sumber
  3. Membuat chart, gambar pendukung atau infografis
  4. Menulis paragraf demi paragraf
  5. Melakukan self editing

Simple, kan? Sekarang kita tinggal mengatur waktu bagaimana melakukan kelima hal di atas dengan baik. Dengan begitu, tujuan medium dan utama yang kita harapkan akan tercapai.

Kebanyakan orang, sibuk mengerjakan banyak hal yang “nggak penting” dan justru mengabaikan hal-hal pentingnya. Contoh, kita sibuk memikirkan rencana harian, tapi malah nggak punya waktu untuk menjalankan semua rencana indah itu.

Ada lagi, beberapa orang yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik, terutama di pagi hari. Morning hectic memang nggak bisa dihindari. Tapi, semua bisa dihandle dengan pengaturan waktu yang baik.

Untuk membantu kita mengontrol daily acitivities, kini sudah hadir board khusus dari Indscript Creative. Board ini bisa menjadi tools yang sangat bermanfaat untuk para emak sibuk agar tetap efektif. tertarik? Hubungi Mbak-mbak konsultan IndscriptCreative yang cantik-cantik itu ya.. 


#ODOA
#IndscriptCreative
#IndscriptWriting
#EmakSuperBoard





0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting