Siapa Bilang Novel Nggak Berguna? Ini Dia 5 Manfaat Seru dari Membaca Novel

at January 17, 2018



Hello, Readers!

Ada nggak sih yang punya hobi bca novel kayak saya? Well, meski nggak punya koleksi yang bejibun macam hartes-hartes ituh, saya juga suka beli novel lah. Ya, kalau hanya beberapa puluh biji mah adalah di lemari buku. Buku fiksi dengan cerita berliku dan sering kali menguras emosi itu memang jadi salah satu favorit banyak pembaca, terutama perempuan. Kalau penulisnya sih, banyak juga yang laki-laki. Hehe...

Novel identik dengan jumlah halaman yang tebal dan minim gambar. Ya iyalaaah... kalau nyari gambar mah beli aja komik. Nah, berhubung ketebelannya itu beberapa orang malas mengunyah cerita yang ada di dalamnya. Padahal, ada banyak manfaat loh dari sebundel tebal novel yang biasa jadi teman pengantar tidur itu. Nggak percaya? Ishh.. percaya aja kali haha..

Oke, daripada berpanjang-panjang saya akan kasih tau apa saja sih manfaat alias keuntungan membaca novel (khususnya) untuk perempuan. Siap? Oke, cekidot!
1    1. Meningkatkan kerja otak
Wih, ini keren banget dong pastinya. Siapa sih yang pengen otaknya lemot? Helooo... nggak ada lahya. Nah, kalau Readers pengen kapasitas otak makin tokcer, baca aja novel. Kenapa? Karena saat membaca novel itu, otak kita akan otomatis mengikuti alur cerita. Tahu nggak, ternyata hal itu sangat baik untuk meningkatkan kerja otak karena mau nggak mau kita akan terkondisikan untuk fokus.

Penuturan penulis lewat kalimat-kalimat yang naratif yang mendeskripsikan sesuatu atau seseorang, membuat otak mampu berimajinasi dengan kreatif. Hal yang menarik saat membaca adalah,  masing-masing orang bisa memiliki persepsi dan gambaran yang berbeda meski buku yang mereka baca sama. Hal ini nggak akan kita dapati saat menonton film atau TV, sebab permirsa  digiring untuk melihat tampilan visual yang sudah ada.


      2.  Meningkatkan kecerdasan emosional
Biasanya nih, para pembaca setia novel itu suka menempatkan diri sebagai tokoh protagonis nan yang baik hati. Well, paling tidak itu kalau saya sih heheh... nggak tahu kalau pembaca lainnya. Nah, asal tahuaja nih Readers, memposisikan diri sebagai protagonis ini bisa memacu kita memiliki kecerdasan emosional yang baik dan senang berempati dengan orang lain. Nggak heran deh kalau para pecinta novel tuh biasanya dermawan, suka menolong dan punya banyak teman. Ihiirr...!

      3.  Menambah pengetahuan
Saat membaca buku kita pasti akan mendapatkan banyak pengetahuan. Nggak hanya buku-buku pelajaran, sains atau buku-buku “berat” lainnya, novel juga bisa memberi kita tambahan informasi dan pengetahuan yang luar biasa loh. Contohnya, kita bisa mengenal tempat-tempat dan kebiasaan baru yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya. Apalagi kalau si penulis mampu bertutur secara apik. Deskripsinya tentang banyak hal, adalah sumber ilmu dan pengetahuan yang sangat baik.

Contoh lain misalnya kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai Korea Selatan hanya dari penggambaran seorang penulis novel, tanpa harus pergi sendiri ke sana. Wah ini mah tips murmer ceria ya.

      4.  Menambah kosa kata
Semakin sering membaca, so pasti akan menambah panjang daftar kosakata yang kita punyai. Terlebih dalam karya fiksi, nggak jarang si penulis menggunakan banyak kalimat yang nggak hanya bagus, tapi juga unik dan jarang kita temukan dalam percakapan sehari-hari. Siapa tahu ada padanan kata yang mungkin selama ini enggak kita ketahui, dipakai di dalamnya. Wih, keren ya!

      5.  Aktivitas yang mudah, murah dan positif
Jaman now ini, ada banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan. Nah, daripada sibuk nggosipin orang atau ngurusin hal-hal nggak penting, mendingan kita membaca novel, kan? Selain mudah dilakukan, membaca juga termasuk kegiatan yang murah meriah. Cukup sediakan beberapa lembar rupiah dan sedikit cemilan, kita bisa menjelajah dunia imaji yang tak terbatas.

Saya punya trik jitu untuk menikmati novel dengan budget minim. Mau tahu apa itu? Yup! Pergilah ke perpustakaan, tempat peminjaman buku, atau ke toko buku! Tapi, usahakan untuk nyari tempat yang manajemennya membiarkan kita duduk berjam-jam di dalamnya menyelesaikan buku demi buku. Hihihi... smart dan ngirit emang rada-rada tipis sih bedanya. Nggak papa lah, namanya juga usaha ya. 

Nah, itu tadi 5 manfaat seru dari membaca novel. Semoga mengispirasi yah!

2 comments:

andi nugraha said...

Baca ini jadi makin penasaran pengen baca-baca novel. Aku sendiri memang suka baca, tapi lebih ke non fiksi. Jadi pengen baca novel nih, pengen merasakan langsung manfaatnya.

Btw, salam kenal ya, Teh..

Kang Nata said...

Dan bisa menjadi pengisi dikala ada waktu kosong, Betul :)

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting