Cara Terbaik Mencapai Target Versi Emak Super

at July 16, 2018

Sumber IG @indscriptcreative_


Beberapa waktu terakhir, saya diberi kepercayaan untuk mendampingi teman-teman yang ingin belajar menulis. Peserta yang ikut kebanyakan adalah ibu-ibu yang so pasti memiliki segudang kesibukan. Ada yang bekerja kantoran, ada juga yang pebisnis, profesional dan ibu rumah tangga sepenuh waktu. Kebayang kan, betapa rempongnya mereka setiap hari?

Namun, yang membuat saya salut adalah semangatnya untuk belajar hal yang baru. Sebagian besar  mereka tidak memiliki latar belakang dunia kepenulisan alias pemula. Itulah sebabnya, kami harus belajar benar-benar dari nol. Walaupun demikian, ada juga sih peserta yang sedikit banyak sudah tahu dan memiliki pengalaman menulis.

Dari pengalaman saya, teman-teman penulis pemula ini menunjukkan kemajuan yang beragam. Hal ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh seberapa sering mereka berlatih. Ada peserta yang sejak awal sampai masa pendampingan selesai sama sekali nggak progress. Sebaliknya, ada yang benar-benar menunjukkan peningkatan skill yang cukup baik. Padahal, masa dan cara pendampingan yang diterima sama. Trus apa sih yang membedakan?

1. Niat
Sejauh yang saya lihat, beberapa peserta menunjukkan niat yang beragam. Ada beberapa yang memang ingin belajar menulis, ada sebagian yang hanya ikut-ikutan. Akibatnya di kelas nggak aktif. Ibarat kata hanya bayar lalu pulang. Nggak ada ilmu yang “nempel” . Sayang sekali ya, padahal kelas ini sangat bermanfaat. Mereka yang niatnya benar-benar belajar, biasanya menunjukkan peningkatan yang sangat baik dalam hal skill.

2. Time management
Untuk mengikuti kelas online training sangat diperlukan kemampuan time management yang baik. Soalnya, peserta diminta untuk mengerjakan tugas yang kemudian akan dikoreksi. Kalau nggak pintar mengatur waktu, biasanya tugas ini akan dikesampingkan dan peserta mendahulukan tugas kantor atau rumah tangga. Tapi, mereka yang jago atur waktu biasanya nggak banyak mengeluh.

3. Target
Setiap orang memiliki targetnya sendiri, mau jadi penulis beneran atau jadi-jadian. Mereka yang targetnya memang ingin jadi penulis, terlihat sangat rajin menyetor tugas dan bertanya, sementara yang nggak punya target ya gitu-gitu aja. Nggak heran, kalau hasil akhirnya jauh berbeda.

Nah, kelihatan kan, mana yang serius ngejar target dan mana yang hanya penggembira? Kalau teman-teman gimana?

#ODOA
#IndscriptCreative
#Indscript Writing
#EmakSuperBoard

0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting