Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

at August 08, 2018




Hello, Readers!

Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menuliskannya, dan mewujudkannya menjadi nyata. Jadi, mimpi nggak sekadar hadir dan tinggal dalam angan-angan, tapi mewujud dalam realita.

Teman-teman tentu juga sudah memahami papan tritunggal yang luar biasa, yaitu Dream Board, Daily Activities, dan Metrik Pencapaian yang telah saya tuliskan secara rinci fungsi dan penggunaannya.

Nah, kali ini saya ingin mengemukakan gagasan tentang 1 board lagi yang saya pandang cukup penting keberadaannya, dan akan menyempurnakan papan tritunggal tersebut. Saya menamainya “Obstacles and Advance-Plan Board”. Boleh lah ya kita pakai istilah bule gini, biar makin semangat nih ngomongnya.😁😁

Penasaran dong, apa dan bagaimana board keempat ini bersinergi dengan ketiga papan terdahulu? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Well, seperti kita tahu, mewujudkan mimpi dan cita-cita itu tentu nggak mudah. Selalu ada tantangan dan hambatan yang kita temui dalam perjalanan. Dan, sudah menjadi tugas kita untuk menaklukkannya. 



Obstacles and Advance-Plan Board berisi 3 kolom utama, yakni:

1.       Kolom hambatan/kendala.
Kolom ini bisa kita isi sejak dini (kendala yang bisa diprediksi), lalu sisanya diisi saat ada hambatan yang benar-benar kita temui di real life.

2.       Kolom langkah antisipasi atau penanggulangan.
Bagian ini isilah dengan langkah solusi yang sekiranya diperlukan.

3.       Kolom advance/back up plan.
Untuk bagian yang ini, bisa juga berisi PLAN B seandainya rencana awal ternyata nggak bisa dieksekusi. Istilahnya seperti ban serep yang harus selalu kita bawa saat berkendara.


Dengan adanya super board yang terakhir ini, kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi yang nggak diinginkan sejak dini. Harapannya, kita bisa tetap fokus dan memperjuangkan mimpi serta target yang sudah disetting sejak awal.




So, NEVER GIVE UP and KEEP FIGHTING FOR YOUR DREAMS!



#ODOA
#IndscriptCreative
#IndscriptWriting
#EmakSuperBoard


1 comments:

Boku no Blog said...

Terima kasih share artikelnya. Intinya PDCA harus berputar untuk mencapai target yang dicanangkan.

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting