Penulis pun Harus Punya Target!

at July 13, 2018



Dulu, saya sering berpikir jadi “artist” itu enak. Artist dalam arti sebenarnya ya, Readers, yaitu pekerja seni. Kenapa enak? Karena dalam bayangan saya, mereka bisa kerja kapan saja, nggak ada yang ngatur-ngatur. Yang dikerjakan juga sesuatu yang mereka sukai. So, pastinya sangat menyenangkan, bukan?

Ternyata, pas udah nyemplung dalam dunia tulis menulis, apa yang saya pikirkan dulu itu nggak sepenuhnya benar. Penulis nggak bisa leha-leha saja dalam bekerja. Malam begadang, siang molor sampai puas.  Faktanya, kami nggak selalu seperti itu kok.

Tunggu, emangnya penulis  itu termasuk jajaran artist ya? Hm, well menurut saya iya. Karena penulis itu harus punya sense of art tinggi. Merangkai kata menjadi kalimat yang enak dibaca itu nggak mudah loh. Apalagi untuk penulis fiksi. Menciptakan karakter yang baik plus alur cerita yang menarik itu sama sekali bukan sulap. Penulis harus benar-benar paham apa yang ditulisnya dan membuat cerita itu bisa dinikmati oleh pembaca.

Itulah kenapa penulis pun harus punya target yang jelas. Seperti saya misalnya. Saya mulai menge-set target menulis yang jelas. Terutama jika sedang berhubungan dengan klien. Mereka yang dengan rela membayar jasa atas tulisan saya, pastinya nggak ingin pekerjaan saya tertunda-tunda, kan? Biasanya ada deadline yang harus ditaati. Nah, di sinilah pentingnya time management dalam mengeksekusi job tertentu.

Untuk itu, sangat penting bagi semua penulis untuk memiliki catatan khusus untuk menulis time line. Dengan begitu, kita jadi tahu seberapa jauh progress yang telah kita capai. 

Metrik pencapaian dari Indscript Creative ini adalah salah satu contoh yang bisa kita lakukan. Dengan mencatat secara detail apa saja target yang harus dikejar plus pencapaian yang kita raih secara faktual, kita bisa memprediksi hasil akhirnya nanti. Dengan kata lain, kita ngga akan terlena dan mengerjakannya dengan santai.

Nah, teman-teman penulis sudah punya produk ini belum? Kalau belum, langsung aja cuzz pesan sama konsultan Indscript ya. Biar kalian makin cetar. 


Salam sukses!!


#ODOA
#IndscriptCreative
#IndscriptWriting
#EmakSuperBoard

0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting