Pentingnya Dream Board untuk Menjaga Langkah Menuju Sukses

at July 25, 2018





“Pinter-pinter kok  nganggur.”
“Oh, nggak kerja ya? Sayang ijazahnya lho.”


Begitulah beberapa kalimat ‘manis’ yang sempat membuat saya terpuruk beberapa tahun lalu saat memutuskan untuk resign dari kantor dan menjadi full time mother. Yang lebih menyakitkan bukan masalah pertanyaannya. Tapi lebih kepada siapa yang melontarkannya.

Ya, kuping saya sudah kebal sama yang namanya hujatan dan celaan dari orang lain. Tapi, beda halnya kalau kalimat nyinyir di atas keluar dari orang-orang terdekat. Keinginan dan ketetapan hati yang sudah bulat, bisa dengan mudah goyah dan akhirnya saya merasa down. Seakan-akan, menjadi full time mother itu sebuah dosa yang nggak semestinya dilakukan oleh sarjana cum laude seperti saya.

Di saat seperti itu, saya hanya bisa menangis dan menenangkan diri. Saya bawa semuanya dalam doa dan memohon kekuatan kepada-Nya. Untungnya suami selalu memberi semangat dan dukungan. Bagaimanapun juga, ide untuk resign itu adalah keputusan kami berdua. Otomatis konsekuensinya juga harus kami tanggung bersama.

Beruntung, saya nggak terpuruk terlalu dalam. Saya menyibukkan diri dengan beragam kegiatan baik di rumah ataupun di luar rumah dan memberikan perhatian sepenuhnya kepada anak dan suami. Saya juga mengerjakan pekerjaan paruh waktu di sela-sela kesibukan itu, sambil terus mengukir mimpi masa depan.

Perlahan, saya mulai menuliskan semua harapan dan impian itu di sebuah dream board. Hal ini sangat membantu saya untuk tetap tegar dan terus berjalan ke depan tanpa terlalu banyak pusing memikirkan perkataan orang lain.

Salah satu mimpi saya sejak dulu adalah menjadi penulis. Meski berat dan tak memiliki histori atau pengalaman apapun di bidang ini, saya terus memegang mimpi itu. Dan kini, berkat perjuangan selama 2 tahun “meniti karir” di dunia literasi, saya sudah mulai mewujudkan mimpi itu. Sebuah buku solo, 15 buku antologi (dan masih akan terus bertambah), menjadi jejak sejarah yang telah saya torehkan.

Kini, saat melihat lagi dream board yang pernah saya tuliskan dulu, saya bisa tersenyum sambil tak henti mengucap syukur. Betapa doa dan perjuangan nggak pernah berbohong. Bagaimana denganmu, Readers?

#ODOA
#IndscriptCreative
#IndscriptWriting
#EmakSuperBoard

0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting