Tips Menemukan Ide Tulisan untuk Penulis Pemula

at July 25, 2018




Hai, hai!

Adakah di antara teman-teman semua yang seorang penulis –atau paling nggak ingin menjadi pemulis – tapi masih suka galau dan mati gaya menentukan ide tulisan? Suka berjam-jam di depan lappie tapi nggak ada satupun yang akirnya jadi tulisan?

Weew!! Bete banget ya pastinya? Tapi tenang aja, kalian nggak sendirian kok. Ada buanyaak orang yang seprti itu, termasuk saya di awal-awal meniti karier sebagai penulis.

Well, sebetulnya menulis itu gampang kok. Kita hanya tinggal menangkap ide dan menuangkannya dalam tulisan.


*iyaa, ngerti sih. Tapi gimana nangkep idenya?* 

 

Gitu kan pertanyaannya?



Menemukan ide itu nggak sesulit mencari berlian di pertambangan, Dears! Kita hanya harus peka melihat dan mendengar sekeliling. Banyak banget ide berseliweran menunggu ditangkap. 
Nah, berikut ini tips mudah menangkapnya:

Banyak-banyaklah membaca
Dengan banyak membaca, kita jadi tahu apa saja yang terjadi di sekitar kita. Nggak Cuma dari koran, majalah atau buku loh. Kita juga bisa menemukan ide dari berbagai sumber di internet. 


Sering-sering nonton film
Nontonn bioskop mahal? Coba deh donlot aplikasi tertentu di gadget kita. Nggak perlu modal gede kok untuk bisa menikmati film-film terbaru yang lagi tayang di luar sonoh. Dengan banyak nonton film, kita juga punya banyak ide untuk tulisan nantinya. 


Jalan-jalan deh!
Apa? Nggak punya waktu atau budget? Nggak perlu jauh-jauh, kaliii jalannya. Sekitaran kompleks aja, atau kalau pas ada kesempatan, main deh ke pantai, hutan atau sungai dekat rumah. Cari tebengan kalau perlu. Dengan jalan-jalan, pikiran kita jadi fresh. Kalau fresh, ide cepet banget nempelnya. 


Sharing sama teman
Nah ini juga riset yang murmer. Nggak perlu banyak biaya, kita bisa mendapatkan banyak ide. Misalnya, hasil curhatan tentang sekolah anak bisa jadi tulisan yang yahud loh!


Biar ide-ide itu ngak melayang kayak layang-layang, catat di Bank Ide ya. Jangan lupa, dalam menulis juga siapkan metrik pencapaian biar gampang evaluasinya. Belum punya? Colek deh konsultannya Indscript Creative yang syantik-syantik itu. Wokeii?


#ODOA
#IndscriptCreative
#IndscriptWriting
#EmakSuperBoard

0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting