Ini Cara Smart Mengatur Waktu bagi Ibu Produktif

at July 30, 2018
Sumber : alantylam.wordpress.com


Tinggal di rumah hampir sepanjang hari, terkadang membuat saya (dan mungkin banyak ibu lainnya) merasa mentok, mati gaya dan useless. Paling tidak, itulah yang saya rasakan di awal-awal resign 6 tahun yang lalu. 

Setelah melewati proses panjang, akhirnya saya bisa berdama dengan keadaan dan kini menemukan passion baru yang ternyata bikin hidup saya lebih hidup. Apa sih itu?

Menulis!
Ya, itulah yang saya kerjakan selama 2 tahun terakhir. Meski sibuk urus dua anak tanpa pengasuh, saya tetap menyediakan waktu khusus untuk menulis. Hasilnya? Sebuah buku solo dan 15 buku antologi sukses diterbitkan. Kini, saya sedang menunggu terbitnya buku duet perdana bertema parenting dengan rekan penulis.

Trus, nulisnya kapannn?? 

Jawabannya fleksibel. Saya bisa nulis kapan sana dan di mana saja. Sebagai ibu sepenuh waktu dari seorang ABG dan balita yang  super aktif, saya harus pandai mengatur waktu untuk menulis di sela kesibukan mengurus keluarga. Biasanya, saya menyesuaikan jam biologis si balita. Dulu, pas dia masih suka tidur siang, saya ikut merem. Ketika dia tidur malam, saya start menulis. Hasilnya? Buku solo perdana saya selesai dalam 3 bulan. Selain itu saya juga menjadi kontributor di beberapa media online. 

Memasuki usia 3 tahun, anak saya mulai berubah siklus. Dia nggak mau lagi tidur siang. Jadilah saya menyesuaikan diri. Menulis saat dia bisa disambi. Biasanya, saya akan memberikan mainan yang membuatnya “sibuk” untuk sementara waktu. Tapi, bukan gadget ya... saya membuatnya sibuk dengan mobil-mobilan, menonton kartun idola selama beberapa menit, atau menikmati kudapan sorenya. Paling lama saya menulis satu atau 1.5 jam sebelum dia bosan dan rewel. 

Sekarang, saat dia mulai sekolah, saya menulis di jam-jam sibuknya. Biasanya, memakai tablet atau ipad. Sampai di rumah, saya save di laptop. 

Nah, gampang kan mengatur waktu dan tetap produktif? Kita hanya perlu cerdik menyiasati kesibukan. Buat teman-teman yang masih bingung ngatur waktu, cobain deh pakai daily Activities Board dari Indscript Creative. Murmer dan sangat bermanfaat loh. 





Salam produktif!



#ODOA
#IndscriptCreative
# Indscript Writing
#EmakSuperBoard

0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting