Nulis Satu Buku Dalam Sebulan? Bisa! Begini Caranya

at July 20, 2018




Halo, Readers

Adakah yang bermimpi memiliki buku sendiri? Apa? Banyak?
Yess, saya pun dulu bermimpi buku saya suatu hari bisa nangkring di toko buku nasional. Dan puji Tuhan, sekarang sudah kesampaian tuh. Butuh berapa lama mewujudkannya? Hm, hampir 10 tahun berproses. 

What?? Lama buanget? Iya, berprosesnya yang lama. Nulis bukunya sebentar. Saya perlu sekitar 3-4 bulan untuk menulis buku solo perdana saya. Cukup lama ya? Betul, karena saya nggak punya mentor dan benar-benar menulis secara otodidak. 

Sebenarnya ada cara yang lebih jitu untuk menulis buku secara kilat loh. Begini caranya:
Pilih segmentasi pembaca
Menentukan target pembaca sangat penting untuk membatasi kerangka tulisan kita nantinya.

Buat daftar ide tema
Setelah menentukan segmentasi pembaca, buatlah ide tema. Usahakan memilih tema yang paling kita kuasai ya. biasanya, hal ini akan sangat mempermudah kita saat mengeksekusi tulisan nantinya. Selain itu, kita juga lebih enjoy dan happy.

Tentukan alternatif judul
Dari tema yang sudah kita pilih, saatnya menentukan alternatif judul. Jangan ragu untuk menulis beberapa judul. Pilihlah yang paling mewakili isi tulisan kita nanti.

Mulailah menulis dengan konsisten
Nah, setelah ketiga hal di atas kita lakukan, kini saatnya mulai menulis. Untuk penulis pemula, jangan takut untuk menulis apa saja yang ada di benak kita. Tentunya yang sesuai dengan tema dan judul. Jangan banyak mengedit, tuliskan saja dulu. Nanti setelah semua selesai, baru kita lakukan self editing. Usahakan untuk menulis setiap hari, meski hanya 1 halaman. 







Buat metrik pencapaian
Untuk mengukur kemajuan kita, lakukan evaluasi harian dan mingguan. Tentukan target yang harus dicapai dan sebisa mungkin, penuhilah itu.

Lakukan reward and punishment
Meski penulis adalah profesi yang independent, jangan tergoda untuk santai-santai. Kejarlah target yang sudah kita tentukan dan berilah hadiah untuk diri sendiri saat target tercapai. Sebaliknya, “hukumlah” diri kita saat target nggak tercapai.

Dengan melakukan keenam hal tersebut, target menulis 1 buku dalam sebulan bukan lagi impian. Setuju?



#ODOA
#IndscriptCreative
#IndscriptWriting
#EmakSuperBoard

0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting