Jual Produk Mahal? Kenapa Nggak?

at May 17, 2018

sumber IG @indblackcatalog


Hallo, Readers! 


Adakah di antara teman-teman yang menjalani profesi sebagai pebisnis? Zaman sekarang, menjadi mompreneur sudah lazim dilakukan ya. Produknya juga beragam, mulai dari aneka keperluan dapur, hingga perhiasan mahal. 

Ngomong-ngomong soal mahal, saya jadi tergelitik nih. Hari gini ya, kebanyakan orang kan nyari barang yang harganya paling miring, alias paling murah. Tahu sendiri kan, kebutuhan hidup makin hari kian tinggi. Kalau nggak pandai-pandai mengelola keuangan keluarga, bisa-bisa dapur nggak ngebul sampai akhir bulan. Betul kan?



Lalu kenapa ya masih ada penjual yang berani
membanderol harga mahal untuk produknya?
Yakin laku? Siapa yang mau beli? 


Kira-kira begitulah pertanyaan yang mampir di kepala kita bukan?

Well, sebenarnya masalah harga itu relatif loh. Ukuran mahal atau murah itu hampir selalu berbeda pada setiap orang, tergantung banyak hal. Buktinya, banyak kok barang-barang mahal yang masih saja diburu orang. Lalu apa ya rahasianya jualan produk mahal tapi tetap laris manis? 

1. Branding Bisnis yang Tepat
Setiap calon pembeli selalu melihat background penjual. Karena itu, sangat penting untuk membangun branding bisnis yang tepat lewat media sosial. Jangan malu dan ragu untuk mempromosikan bisnis kita agar banyak orang yang mengenal.

2. Kualitas Barang OK
Ada harga, ada barang. Demikian kira-kira jargon yang sering kita dengar. Yups! Dengan harga yang tinggi, pembeli biasanya memiliki ekspektasi yang sama dengan apa yang sudah dikeluarkannya. Jadi, pastikan kita hanya menjual barang dengan kualitas yang prima, kalau nggak ingin dijambak sama pembeli.  Sekali kita menentukan standard kualitas barang, jangan sekali-kali menurunkannya.

3. Bidik Pasar yang Tepat
Seperti yang saya tulis di atas, ukuran mahal atau murah itu relatif, sangat tergantung pada banyak hal. Jadi, bidiklah pasar yang sesuai dengan kriteria barang yang kita jual. Barang mahal, ya harus dijual ke pasarnya “orang kaya”.

4. Packaging Itu Penting
Urusan penampilan selalu nomor satu. Demikian juga dengan produk jualan kita. Apalagi kalau harga yang dibanderol cukup tinggi. Packaging yang baik akan menaikkan prestis barang itu secara otomatis. Berinovasilah dengan beragam jenis packaging sampai menemukan yang paling sesuai. Jika perlu, tambahkan value added agar pembeli makin tertarik.

5. Maintain Relationship
Dalam bisnis, long term relationship sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Biasanya, customer yang memiliki hubungan baik dengan penjual akan loyal. Artinya, mereka akan membeli apa saja yang kita jual (nggak peduli berapa pun harganya). Karena itu, jagalah hubungan baik tersebut.

Well, itu tadi sedikit tips jualan produk premium yang katanya mahal. Semoga bermanfaat ya!


#ODOA
#IndscriptCreative
# IndscriptWriting
#IndBlack

0 comments:

Post a Comment

Pentingnya Memetakan Kendala dan Rencana Cadangan dalam Mewujudkan Mimpi

Hello, Readers! Dalam blog ini, saya sudah berulang kali menuliskan tentang betapa pentingnya memiliki mimpi besar, menulisk...

 

All About Writing & Business Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting